Sunday, December 18, 2011

Wasiat Terakhir Sang Singa

Suatu hari. Simba, Sang Raja Padang Sabana mengumumkan bahwa ia terserang penyakit mematikan dan mengundang para binatang untuk datang dan mendengar wasiat terakhirnya.

Maka datanglah kambing ke gua sang Singa dan mendengar untuk waktu yang lama. kemudian domba juga masuk dan kemudian Rusa juga datang untuk mendengar keinginan terakhir Simba, raja padang sabana.

Tetapi tak lama kemudian Simba, sang singa tampak pulih dari penyakitnya. Ia kemudian berjalan ke pintu gua. Dan ia melihat Habur, sang rubah yang berdiri menunggu di luar gua entah sejak kapan.

"Mengapa kau tidak masuk dan memberi penghormatan kepadaku?" tanya Simba, Sang singa kepada Habur, Sang Rubah.

"Maaf saya Paduka yang Mulia," Kata Habur, "Tapi saya memperhatikan jejak para binatang yang telah menghadap paduka, dan sementara saya melihat banyak kaki bergerak masuk, tak satu jejak kaki yang keluar. Hingga mereka yang memasuki gua paduka keluar, saya lebih suku menunggu diluar saja.

by Aesop

Pelajaran dari kisah ini adalah jauh lebih mudah masuk perangkap musuh dari melepaskan diri.  

No comments: