Sunday, December 18, 2011

Bagaimana Memasang Lonceng pada Kucing?

Dahulu kala, tikus mengadakan rapat umum untuk menentukan bagaimana caranya agar mereka dapat mengalahkan musuh mereka, Sang Kucing. Mereka berdebat panjang lebar dan menghabiskan waktu yang lama.

Hingga akhirnya seekor tikus muda berdiri dan berkata bahwa dia punya usulan yang dia yakin akan menyelesaikan masalah mereka. "Kamu semua tentunya sepakat," katanya, "bahwa yang paling berbahaya adalah karena tidak tahu keberadaan musuh kita. Sekarang, kalau saja kita memiliki cara untuk  mengetahui keberadaan musuh kita, maka dengan mudah kita dapat menghindarinya. Saya mengusulkan agar kita memasang kalung lonceng kecil di leher kucing. sehingga kita selalu tahu di mana ia berada, dengan mudah menghindar ketika ia ada di dekat kita." 

Usulan ini disambut dengan tepuk tangan yang meriah, semua tikus setuju bahwa itu adalah usulan yang sangat bagus. Kemudian pimpinan rapat, seekor tikus tua, berdiri dan berkata, "Usulan yang cemerlang, tetapi siapa yang akan memasang lonceng di leher kucing?" Semua tikus saling pandang dan terdiam.

by Aesop

Pelajaran dari cerita ini adalah hal yang mudah mengusulkan sesuatu yang tidak mungkin, tetapi melaksanakannya adalah hal yang berbeda.

1 comment:

Batu Adventure said...

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,