Sunday, December 18, 2011

Singa & Tikus

Suatu hari, Simba Sang Singa, Raja padang sabana sedang tertidur pulas, Seekor tikus kecil bernama Balocci berlari kesana-kemari naik turun tubuh Simba.

Simba yang merasa terganggu akhirnya terbangun. Setelah membiarkan kelakuan Balocci beberapa saat, Simba menangkap Balocci dengan cakarnya yang besar dan membuka mulutnya untuk menyantapnya. Balocci sang tikus kecil meratap, "Maafkan hamba paduka raja Simba. Maafkan hamba sekali ini saja. Hamba tidak akan melupakan kebaikan paduka! Siapa tahu dikemudian hari hamba dapat membalas kebaikan paduka."

Simba merasa sangat tergelitik dengan pikiran bahwa tikus kecil digenggamannya mampu menolongnya hingga akhirnya ia mengangkat cakarnya dan membiarkan Balocci pergi.

Waktu terus berlalu, suatu hari Simba terperangkap dalam jebakan pemburu. Pemburu menginginkan Singa tangkapannya dipersembahkan hidup-hidup kepada sang kaisar. Ia mengikat simba di sebatang pohon sementara  ia mencari kereta untuk membawanya ke kota raja. Beberapa saat kemudian  seekor tikus kecil yang ternyata adalah Balocci muncul, dan melihat situasi menyedihkan yang dialami Sang Raja Padang Sabana ia kemudian memanjat tubuh Simba dan mulai menggigiti tali yang mengikat simba hingga putus. "Saya benar kan, paduka?" kata Balocci sang tikus kecil.

by Aesop

Pelajaran dari kisah ini adalah teman biasa mungkin saja ternyata adalah sahabat sejati. 

No comments: