Sunday, December 18, 2011

Serigala & Anjing

Howly, serigala hampir mati kelaparan ketika dia bertemu dengan Barky, anjing rumah yang kebetulan lewat. 

"Ah, Sepupuku," kata Barky. "Saya tahu kehidupanmu yang tidak teratur akan segera menghancurkanmu. Bagaimana kalau kau bekerja secara tetap sperti saya dan kau akan  memperoleh makanan secara teratur sebagai upahmu?"

"Saya tidak keberatan," kata Howly, "kalau memang ada kesempatan untuk saya." "Itu bisa diatur," kata barky. "Ikutlah denganku, kita menghadap tuanku dan kita akan berbagi pekerjaan."

Howly, serigala dan Barky, anjing rumah kemudian berjalan bersama menuju kota. Dalam perjalanan Howly memperhatikan bahwa bulu pada bagian leher Barky hampir habis. Dia bertanya pada Barky tentang hal itu.

"Oh, tidak apa2," kata Barky, Anjing rumah. "Itu hanya bagian dimana kalung dipasang pada malam hari supaya saya tetap terikat, agak kurang nyaman sih, tapi lama2 juga terbiasa."

"Apa?" Kata Howly, serigala. "Selamat tinggal kalau begitu, Tuan Anjing."


by Aesop

Pelajaran dari kisah ini adalah lebih baik kelaparan sebagai orang bebas dari pada kenyang sebagai budak.

No comments: