Saturday, March 12, 2011

Anak Gembala yang Berteriak Serigala

Alkisah dahulu kala seorang anak gembala yang menggembalakan dombanya di kaki gunung dekat sebuah hutan alas. Dia merasa kesepian setiap hari, sehingga ia memikirkan sebuah rencana agar ada yang menemaninya dan ia dapat bersenang-senang.

Ia berlari memasuki kampung dan berteriak, "Serigala, Serigala" dan penduduk kampung segera berlari keluar untuk menolongnya dan sebagian diantaranya menemaninya untuk sementara waktu. Hal ini membuat anak gembala sangat senang, sehingga beberapa hari kemudian ia mengulang hal yang sama dan sekali lagi penduduk kampung keluar untuk menolongnya.

Tetapi tak lama setelah itu seekor serigala benar2 keluar dari hutan dan mulai mengganggu domba2, dan tentu saja anak gembala kembali berteriak "Serigala, Serigala, " lebih keras dari sebelumnya. Tapi kali ini penduduk kampung, yang telah ditipu dua kali sebelumnya, mengira bahwa anak gembala kembali bermaksud menipu mereka, dan tak seorang yang datang menolongnya.

Akhirnya serigala mendapat mangsa yang lezat berupa daging domba anak gembala tersebut.

by Aesop

Kisah ini mengajarkan kita bahwa orang yang sering berbohong pada akhirnya tidak akan dipercaya bahkan ketika ia berkata benar.

No comments: