Monday, August 08, 2011

Lamunan Tukang Susu

Seorang tukang susu berjalan ke pasar sambil menjunjung seember susu di atas kepalanya. Sambil berjalan ia mulai mengbayangkan apa yang akan dilakukannya dengan uang yang diperolehnya dari menjual susu.

"Aku akan membeli beberapa ekor ayam dari pak tani Badu," katanya, "dan mereka akan bertelur tiap pagi, yang akan aku jual kepada bu Salmah. Dari uang penjualan telur yang saya tabung, saya akan membeli baju baru dan juga topi baru. Kalau aku pergi ke pasar pasti semua orang akan menyapaku. Si Irma pasti akan cemburu...tapi aku tak peduli. Aku akan menatapnya dan membuang mukaku seperti ini." 
Sambil berbicara ia mebuang mukanya, ember susu yang dijunjungnya terjatuh dan semua semuanya susunya tumpah sekaligus membuyarkan lamunannya.

by Aesop

Pelajaran dari kisah ini adalah sebaiknya kita tidak menghitung keuntunga kita sebelum ia benar-benar menjadi milik kita.  

No comments: